Pelatihan ini dirancang untuk membekali pendidik dengan pemahaman dan keterampilan praktis dalam menerapkan Challenge-Based Learning (CBL). Diklat terdiri dari tujuh materi utama. Pertama, peserta akan diperkenalkan pada dasar-dasar CBL, termasuk prinsip dan manfaatnya (3 jam). Kedua, pelatihan berlanjut dengan persiapan pelaksanaan CBL, meliputi perancangan tantangan dan rencana pembelajaran (5 jam).
Materi ketiga berfokus pada peningkatan keterlibatan siswa, mengajarkan strategi untuk memotivasi dan membuat siswa aktif berpartisipasi (5 jam). Selanjutnya, peserta akan dilatih untuk memfasilitasi kerja tim, membangun keterampilan komunikasi dan kerjasama (4 jam). Pendekatan pembelajaran mendalam adalah materi kelima yang mendorong pemikiran kritis dan aplikasi pengetahuan dalam konteks nyata (5 jam).
Keenam, pelatihan akan membahas keterampilan generik seperti komunikasi, analitis, bekerja tim, manajemen waktu dan sikap profesional (5 jam). Terakhir, peserta akan mempelajari metode evaluasi pembelajaran dalam CBL, termasuk desain rubrik penilaian dan pemberian umpan balik konstruktif (5 jam).
Dengan total 32 jam pelatihan, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan CBL secara efektif, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mendorong keterlibatan serta pembelajaran mendalam di kalangan siswa.
SMK menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan pembelajaran melalui lima fokus utama: penerapan Challenge-Based Learning (CBL) untuk meningkatkan keterampilan problem solving, pembelajaran mendalam untuk pemahaman yang lebih baik, penetapan tujuan dan standar yang jelas untuk memberikan panduan yang spesifik, penyesuaian penilaian dan beban kerja untuk mengurangi stres siswa, serta strategi meningkatkan keterlibatan siswa untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar. Dengan mengatasi permasalahan ini, SMK dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan industri.
Bidang Minat dan Penelitian:
Pengembangan Diri dan Kontribusi:
Aktif dalam mengikuti berbagai pelatihan dan workshop terkait inovasi dalam metode pengajaran.
Berkontribusi dalam pengembangan kurikulum yang mendukung penerapan Challenge-based Learning dan Growth Mindset di lingkungan pendidikan tinggi.
Terlibat dalam penelitian dan publikasi terkait pendekatan pembelajaran, kesejahteraan siswa, dan pengalaman perkuliahan.