Kurikulum pembelajaran

  • EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM CBL (5 JP)
  • KETERAMPILAN GENERIK (5 JP)
  • PENDEKATAN PEMBELAJARAN MENDALAM (5 JP)
  • FASILITASI SISWA DALAM BEKERJA TEAM (4 JP)
  • PENINGKATAN KETERLIBATAN SISWA (5 JP)
  • PERSIAPAN PELAKSANAN MODEL CBL (5 JP)
  • PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN CBL (3 JP)

Deskripsi Materi

Pelatihan ini dirancang untuk membekali pendidik dengan pemahaman dan keterampilan praktis dalam menerapkan Challenge-Based Learning (CBL). Diklat terdiri dari tujuh materi utama. Pertama, peserta akan diperkenalkan pada dasar-dasar CBL, termasuk prinsip dan manfaatnya (3 jam). Kedua, pelatihan berlanjut dengan persiapan pelaksanaan CBL, meliputi perancangan tantangan dan rencana pembelajaran (5 jam).

Materi ketiga berfokus pada peningkatan keterlibatan siswa, mengajarkan strategi untuk memotivasi dan membuat siswa aktif berpartisipasi (5 jam). Selanjutnya, peserta akan dilatih untuk memfasilitasi kerja tim, membangun keterampilan komunikasi dan kerjasama (4 jam). Pendekatan pembelajaran mendalam adalah materi kelima yang mendorong pemikiran kritis dan aplikasi pengetahuan dalam konteks nyata (5 jam).

Keenam, pelatihan akan membahas keterampilan generik seperti komunikasi, analitis, bekerja tim, manajemen waktu dan sikap profesional (5 jam). Terakhir, peserta akan mempelajari metode evaluasi pembelajaran dalam CBL, termasuk desain rubrik penilaian dan pemberian umpan balik konstruktif (5 jam).

Dengan total 32 jam pelatihan, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan CBL secara efektif, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mendorong keterlibatan serta pembelajaran mendalam di kalangan siswa.

Topik Permasalahan:

SMK menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan pembelajaran melalui lima fokus utama: penerapan Challenge-Based Learning (CBL) untuk meningkatkan keterampilan problem solving, pembelajaran mendalam untuk pemahaman yang lebih baik, penetapan tujuan dan standar yang jelas untuk memberikan panduan yang spesifik, penyesuaian penilaian dan beban kerja untuk mengurangi stres siswa, serta strategi meningkatkan keterlibatan siswa untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar. Dengan mengatasi permasalahan ini, SMK dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan industri.

Tentang Pengampu

Avatar image
Sahat Maruli
Joined 1 detik yang lalu

Bidang Minat dan Penelitian:

  1. Challenge-based Learning: Pendekatan pembelajaran yang mengajak siswa SMK untuk menyelesaikan masalah nyata melalui kolaborasi dan pemikiran kritis.
  2. Student Approaches to Learning: Studi mengenai bagaimana siswa mendekati dan berinteraksi dengan materi pembelajaran serta strategi pembelajaran yang mereka gunakan.
  3. Well-being: Penelitian mengenai kesejahteraan siswa dan pengaruhnya terhadap proses serta hasil belajar.
  4. Course Experience: Analisis dan peningkatan pengalaman siswa dalam mengikuti mata pelajaran, mencakup kualitas pengajaran, keterlibatan siswa, dan dukungan akademis.
  5. Growth Mindset: Mengkaji dan menerapkan konsep bahwa kemampuan dan kecerdasan dapat berkembang melalui usaha dan strategi yang tepat.
    Professional Learning Communities: Membangun komunitas belajar guru yang dewasa dan bertumbuh.

Pengembangan Diri dan Kontribusi:

Aktif dalam mengikuti berbagai pelatihan dan workshop terkait inovasi dalam metode pengajaran.
Berkontribusi dalam pengembangan kurikulum yang mendukung penerapan Challenge-based Learning dan Growth Mindset di lingkungan pendidikan tinggi.
Terlibat dalam penelitian dan publikasi terkait pendekatan pembelajaran, kesejahteraan siswa, dan pengalaman perkuliahan.