Kurikulum pembelajaran

  • Strategi Penilaian & Asesmen Autentik (6 JP)
  • Workshop Penyusunan RPP/Modul Ajar (6 JP)
  • Merancang Pembelajaran EBR (6 JP)
  • Konsep Inovasi Eksplorasi berbasis Realita (EBR) (8 JP)
  • Paradigma Pembelajaran Mendalam (6 JP)

Deskripsi Materi

1. Paradigma Pembelajaran Mendalam

Materi ini membahas perubahan paradigma dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran mendalam yang menekankan pemahaman bermakna, kontekstual, serta penguatan kompetensi abad 21. Guru diajak memahami peran sebagai fasilitator dalam menghadirkan pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

2. Konsep Inovasi Eksplorasi Berbasis Realita (EBR)

Peserta dikenalkan pada filosofi, prinsip, dan karakteristik model EBR yang menghubungkan pembelajaran dengan realitas kehidupan siswa. Dibahas juga perbedaan dan keunggulan EBR dibanding model pembelajaran lain.

3. Merancang Pembelajaran dengan EBR

Materi ini menekankan langkah-langkah merancang pembelajaran dengan pendekatan EBR, mulai dari penentuan tujuan, penyusunan alur eksplorasi (observasi, refleksi, aplikasi, kreasi), hingga integrasi literasi, numerasi, dan P5.

4. Workshop Penyusunan RPP/Modul Ajar Berbasis EBR

Peserta secara berkelompok menyusun perangkat ajar berbasis EBR. Fokus pada penyusunan tujuan pembelajaran, kegiatan inti, asesmen formatif, dan penilaian autentik.

5. Strategi Penilaian dan Asesmen dalam EBR

Peserta dilatih menyusun instrumen penilaian yang sesuai dengan pendekatan EBR, seperti rubrik penilaian, portofolio, dan asesmen autentik yang menilai keterampilan nyata siswa.

Topik Permasalahan:

Perubahan zaman di era Revolusi Industri 4.0 dan perkembangan menuju Society 5.0 menuntut guru untuk menghadirkan pembelajaran yang tidak hanya menekankan transfer pengetahuan, tetapi juga membentuk keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, serta komunikasi. Model pembelajaran tradisional yang berpusat pada guru seringkali kurang mampu menjawab kebutuhan tersebut. Sebagai jawaban atas tantangan tersebut, dikembangkanlah inovasi pembelajaran Eksplorasi Berbasis Realita (EBR), yaitu pendekatan yang mengaitkan proses belajar dengan konteks nyata yang dialami siswa sehari-hari. Melalui EBR, siswa diajak untuk mengeksplorasi fenomena, peristiwa, dan masalah nyata, kemudian mengolahnya menjadi pengalaman belajar yang bermakna. Dengan demikian, pembelajaran tidak lagi hanya berlangsung di ruang kelas, tetapi juga merambah dunia nyata. Pembelajaran Mendalam dengan Inovasi Eksplorasi Berbasis Realita (EBR) hadir untuk membekali guru dengan pemahaman, keterampilan, dan pengalaman dalam menerapkan EBR. Diharapkan melalui diklat ini guru mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mendalam yang kontekstual, inovatif, dan relevan dengan kehidupan siswa.

Tentang Pengampu

Avatar image
Dr. Wanti Simanjuntak, S.Pd., M.Pd.
Joined 1 detik yang lalu